Sosialisasi Hasil Survey Nasional Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Tahap II Dalam Kaitannya Dengan Kebutuhan Perempuan Dan Pelayanan Kesehatan Reproduksi Dan Seksual Tahun 2016

Published by: Ronal Alexander | Tulisan
  1. Latar Belakang

Perkumpulan Sada Ahmo (PESADA) yang tergabung dalam Jaringan Perempuan Peduli Kesehatan (JP2K) telah selesai melaksanakan survey mengenai pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam kaitannya dengan kebutuhan perempuan akan pelayanan kesehatan reproduksi dan seksual di Kabupaten Dairi. Adapun survey ini dilaksanakan di 4 desa dan 1 kelurahan di kabupaten Dairi, yaitu desa Juma Teguh, desa Laeparira, desa Tuppak Raja, desa Silalahi dan kelurahan Batang beruh.

Survey tahap satu telah selesai dilaksanakan pada bulan Juni 2015 dan tahap dua dilakukan pada bulan Juni 2016. Responden dari survey ini adalah perempuan pedesaan/perkotaan sebagai penerima manfaat JKN, para petugas medis di Rumah Sakit, Puskesmas, klinik baik itu dokter, perawat, maupun petugas administrasi. Hasil survey ini diharapkan dapat dipakai sebagai bahan advokasi kepada pemerintah untuk memastikan dilakukanya upaya untuk meningkatkan kualitas dan akses terhadap pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan kesehatan reproduksi perempuan.

Untuk mengetahui hasil survey secara nasional dan secara khusus di Kabupaten Dairi maka Pesada akan melakukan sosialisasi survey Jaminan Kesehatan Nasional tahap II dalam kaitannya dengan kebutuhan perempuan dan pelayanan kesehatan reproduksi seksual.

  1. Tujuan

Adapun tujuan dari dilaksanakan sosialisasi hasil survey ini adalah :

  • Mensosialisasikan hasil survey tahap II kepada masyarakat, kelompok perempuan, pemerintahan setempat dan pemberi layanan.
  • Memberi masukan ataupun informasi terkait dengan temuan/hasil dari survey yang telah dilaksanakan terhadap BPJS, Rumah Sakit ataupun Puskesmas setempat.
  • Peserta mengetahui sejauh mana pengetahun masyarakat tentang BPJS dari hasil survey tahap I dan II.
  • Peserta mendapatkan pengetahuan tentang hak kesehatan seksual dan reproduksi.
  • Menyusun rencana tindak lanjut (advokasi) hasil studi JKN.

 

  • Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan adalah diskusi atas paparan hasil survey yang telah dilaksanakan, dan dialog dengan pihak penyelenggara layanan kesehatan.

  1. Waktu pelaksanaan

Sosialisasi survey ini akan dilaksanakan pada :

Tanggal/Hari : Jumat , 18 Agustus 2016

Tempat : Pusdipra Jln.45 No 24E

Pukul : 09.00 WIB 15.00 wib.

Perkumpulan Sada Ahmo (PESADA) wilayah Dairi, dengan penanggung jawab kegiatan Ramida Sinaga-Direktur Eksekutif PESADA, dan panitia Yusnita Manalu dan Rinaldi Sagala.

Berikan Komentar dan Tanggapan Anda Dibawah ini: