Siaran Pers PESADA & CU PESADA PEREMPUAN

Published by: adminpesada | Tulisan

Menghitung mundur Jelang Pemilihan Gubernur Sumatera Utara & Pemilihan Bupati

 

Pemilihan Gubernur Sumut dan Pilkada di 8 Kab/kota di Sumut akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 yang akan datang. Jika dihitung mundur dari sekarang, maka Pilkada tinggal 3 bulan lagi. Kita berharap proses persiapan, penyelenggaraan, kampanye dan sosialisasi dapat berjalan dengan baikdemi Pilkada yang bersih dan damai.

Pada tanggal 26 – 27 Maret 2018 berkumpul kurang lebih 220 Perempuan potensial yang juga adalah pengurus kelompok CU Pesada PEREMPUAN dampingan Pesada yang tersebar di 8 Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Sumatera Utara. Mereka berasal dari Kabupaten Pakpak Bharat, Dairi, Humbang Hasundutan, Medan, Langkat, Tapanuli Tengah dan Singkil. Mereka melaksanakan evaluasi perkembangan kelompok CU dengan menggunakan alat penguatan perempuan yang dilanjutkan dengan peningkatan kapasitas mengenai pembangunan berkelanjutan yang tertuang di dalam SDGs (Pembangunan Berkelanjutan) khususnya point 3, 4 dan 5 serta dilanjutkan dengan Pendidikan politik untuk Perempuan Potensial.

Pendidikan politik yang diberikan bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada perempuan akar rumput, pemilih pemula dan kelompok marginal (Lansia, penyandang disabilitas dan rakyat miskin). Juga dalam kesempatan ini dilakukan pendataan perempuan potensial yang ada di desa di kelompok dampingan Pesada. Dari hasil pemetaan perempuan potensial tersebut diharapkan akan muncul 200 perempuan potensial yang akan masuk dan menduduki jabatan strategis mulai dari tingkat desa hingga Kabupaten/Kota.

Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah:

  1. Peserta mampu menggunakan alat kerangka penguatan perempuan untuk melihat perkembangan kelompok CU bahkan melihat persolan yang dialami oleh perempuan (mulai dari Kesejahteraan – Kontrol).
  2. Peserta melihat adanya berbagai persoalan yang sering dialami oleh perempuan bahkan dalam politik dan pengambilan keputusan, Minimnya jumlah perempuan yang terlibat dalam struktur di desa hingga politik hingga kasus kekerasan yang dialami oleh perempuan.
  3. Peserta melakukan pendataan perempuan potensial di desa yang akan masuk dalam posisi politik dan pengambilan keputusan seperti Kadus, Kepala Desa, BPD, Caleg, dsbnya.

Sehubungan dengan jelang pemilihan Gubernur Sumatera Utara dan pemilihan Bupati di Kabupaten Dairi & Kabupaten Deli Serdang yang juga merupakan wilayah dampingan Pesada, kami sebagai perempuan menyampaikan seruan:

  1. Mendesak Partai politik melakukan pendidikan politik bagi perempuan akar rumput agar muncul pemilih kritis, memiliki sikap dan posisi politik yang setara dengan kandidat dalam pemilihan yang demokratis.
  2. Kandidat mengakomodir kepentingan perempuan dalam visi misi seperti kesehatan untuk perempuan, anak khususnya kesehatan reproduksi perempuan/kespro, pertanian, ekonomi, lingkungan hidup, pekerja rumahan, dll.
  3. Agar penyelenggara Pilkada yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwas menjaga Pilkada yang bersih, damai dan tidak ada politik uang.
  4. Seluruh kandidat dan pendukung calon tidak menggunakan politik SARA/politisasi agama selama masa kampanye.

 

Kontak Person:

  1. Dinta Solin (Koordinator Wilayah Pakpak Bharat, Dairi, Humbang Hasundutan & Samosir) No. Kontak person: 081396648718
  2. Rismawati Bancin (Ketua Dewan Pengurus CU Pesada PEREMPUAN) No. Kontak person: 081361177129

Berikan Komentar dan Tanggapan Anda Dibawah ini: